Pramuka Solid

Tempat Berbagi Ilmu Pramuka
Jangan Lupa Di Bookmark ya Kak!
Dan Salam Pramuka! (^o^)7

Pengertian Saka dan Macam-Macam Saka Dalam Pramuka

SAKA
Logo atau lambang Saka (Satuan karya Pramuka) adalah daftar lambang atau logo berbagai Satuan Karya Pramuka (Saka) yang ada di Indonesia.


Logo Satuan Karya Pramuka bukan hanya lambang Saka yang bersifat nasional atau sudah diakui dan ditetapkan dengan SK Kwarnas Gerakan Pramuka dan berlaku di seluruh Indonesia saja. Namun juga disertakan beberapa Saka yang masih bersifat lokal atau hanya berlaku di daerah tertentu dan hanya ditetapkan melalui keputusan Kwartir daerah atau Kwartir Cabang.

Satuan Karya Pramuka (Saka) adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Satuan Karya diperuntukkan bagi para Pramuka Penggalang Terap, Pramuka Penegak dan Pandega, dan para pemuda usia 14-25 tahun dengan syarat khusus.

Setiap Saka memiliki beberapa krida, dimana setiap Krida mengkususkan pada sub bidang ilmu tertentu yang dipelajari dalam Satuan karya tersebut. Setiap Krida memiliki SKK untuk TKK Khusus saka yang dapat diperoleh Pramuka yang bergabung dengan Krida tertentu di sebuah Saka.

Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional yaitu meliputi Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Bhayangkara, Saka Dirgantara, Saka Kencana (Keluarga Berencana), Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, dan Saka Wira Kartika.

Berikut Logo dan Penjelasan dari masing-masing Satuan Karya Pramuka tersebut:

SAKA BHAYANGKARA


Satuan Karya Bhayangkara adalah Saka di bidang ketertiban masyarakat.
Tujuan:
Tujuan dibentuknya Saka Bhayangkara adalah untuk mewujudkan kader-kader bangsa yang ikut serta bertanggungjawab terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat melalui pendidikan kebhayangkaraan didalam Gerakan Pramuka

Sasaran:
Sasaran dibentuknya Saka Bhayangkara adalah agar para anggota Gerakan Pramuka yang telah mengikuti kegiatan saka tersebut dapat:

  1. memiliki pengetahuan, kemampuan, kecakapan, dan ketrampilan serta pengalaman dalam bidang kebhayangkaraan 
  2. memiliki sikap hidup yang tertib dan disiplin serta ketaatan terhadap peraturan hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat 
  3. memiliki sikap kebiasaan dan perilaku yang tangguh sehinggamampu mencegah menangkal, serta menanggulangi timbulnya setiap gangguan kamtibmas 
  4. memiliki kepekaan dan kewaspadaan serta daya tangggap dan penyesuaian terhadap setiap perubahan dan dinamika sosial di lingkungannya 
  5. mampu memberikan latihan tentang pengetahuan kamtibmas kepada para anggota Gerakan Pramuka di gugusdepannya 
  6. mampu menyelenggarakan pengamanan lingkungan secara swakarsa, swadaya dan swasembada, serta secara nyata yang berguna bagi dirinya dan bagi masyarakat di lingkungannya 
  7. mampu melakukan tindakan pertama terhadap kasus kejahatan tertangkap tangan yang terjadi dilingkungannya untuk kemudian segera menyerahkannya kepada polri 
  8. mampu membantu polri dalam pengamanan tkp dan melaporkan kejadian tersebut serta bersedia menjadi saksi 
  9. mampu membantu merehabilitasi ketentraman masyarakat yang terganggu akibat konflik sosial, kecelakaan dan bencana alam yang terjadi di lingkungannya 

Krida Saka Bhayangkara

  1. Krida Pengamanan Lingkungan 
  2. Krida Pengamanan Lalu Lintas 
  3. Krida TPTK (Tindakan Pertama di Tempat Kejadian) 
  4. Krida SAR (Search And Rescue) 
  5. Krida Pemadam Kebakaran 


SAKA BAHARI


Satuan Karya Pramuka Bahari adalah Saka di bidang Kebaharian atau Kelautan
Satuan Karya Pramuka Bahari adalah wadah bagi Pramuka yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan nyata, produktif dan bermanfaat dalam rangka menanamkan rasa cinta dan menumbuhkan sikap hidup yang berorentasi kebaharian termasuk laut dan perairan dalam.

Tujuan:

  1. Memiliki tambahan pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan di bidang kebaharian, yang dapat menjurus kepada kariernya di masa mendatang. 
  2. Memiliki rasa cinta kepada laut dan perairan dalam berikut seluruh isinya pada khusunya dan rasa cinta kepada tanah air Indonesia pada umumnya. 
  3. Memiliki sikap dan cara berfikir yang lebih matang dalam menghadapi segala tantangan hidup, terutama menyangkut kebaharian. 
  4. Mampu menyelenggarakan proyek-proyek kegiatan di bidang kebaharian secara positif berdaya guna dan tepat guna, sesuai dengan minat dan bakatnya serta bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya. 

Sasaran:
A. Mampu dan dapat memanfaatkan segala pengetahuan, pengalaman dan kecakapannya untuk ikut berperan serta secara aktif dalam Pembangunan Nasional, khhususnya di bidang kebaharian.
B.  Merasa ikut bertanggungjawab terhadap kelestarian lingkungan hidup yang menyangkut kebaharian.

Saka Bahari meliputi 4 krida, yaitu :

  1. Krida Sumberdaya Bahari 
  2. Krida Jasa Bahari 
  3. Krida Wisata Bahari 
  4. Krida Reksa Bahari 
Krida Sumberdaya Bahari, terdiri atas 6 (enam) SKK :

  1. SKK Penangkapan Ikan 
  2. SKK Alat Penangkap Ikan 
  3. SKK Budidaya Laut 
  4. SKK Pengolahan Hasil laut 
  5. SKK Budidaya Air Payau/Tambak 
  6. SKK Pertambangan Mineral
Krida Jasa Bahari, terdiri atas 9 (sembilan) SKK : 

  1. SKK Listrik 
  2. SKK Mesin 
  3. SKK Pengecatan 
  4. SKK Elektronika 
  5. SKK Pengelas 
  6. SKK Perencana Kapal 
  7. SKK Perahu Motor 
  8. SKK Pelaut 
  9. SKK Operator Alat Bongkar Muat
Krida Wisata Bahari, mempunyai 8 (delapan) SKK :

  1. SKK Renang 
  2. SKK Layar 
  3. SKK Selam 
  4. SKK Dayung 
  5. SKK Ski Air 
  6. SKK Pemandu Wisata Laut 
  7. SKK Selancar Angin 
  8. SKK Penyelamatan di Pantai. 
Krida Reksa Bahari, mempunyai 7 (tujuh) SKK :

  1. SKK Navigasi 
  2. SKK Telekomunikasi 
  3. SKK Isyarat Bendera 
  4. SKK Isyarat Optik 
  5. SKK Pelestarian Sumberdaya Laut 
  6. SKK Pengemudi Sekoci 
  7. SKK SAR di Laut.


SAKA BAKTI HUSADA


Satuan Karya Pramuka Bakti Husada adalah saka di bidang Kesehatan.

Tujuan:
Tujuan dibentuknya Saka Bakti Husada adalah memberi wadah pendidikan dan pembinaan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, dan pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta keterampilan bidang kesehatan yang dapat menjadi bekal bagi kehidupan dan penghidupannya untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara.

Fungsi:
Saka Bakti Husada berfungsi sebagai berikut:
A. Wadah pendidikan dan pembinaan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan di bidang kesehatan.
B. Sarana untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif.
C. Sarana untuk melaksanakan bakti kepada masyarakat, bangsa dan negara.
D. Sarana untuk mencapai tujuan pendidikan dan pengembangan Gerakan Pramuka.

Saka Bakti Husada terdiri dari 6 (enam) krida yaitu:

  1. Krida Bina Lingkungan Sehat 
  2. Krida Bina Keluarga Sehat 
  3. Krida Pengendalian Penyakit 
  4. Krida Bina Gizi 
  5. Krida Bina Obat 
  6. Krida Bina PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)



SAKA DIRGANTARA


Satuan Karya Pramuka Dirgantara adalah Saka di bidang Kedirgantaraan.
Tujuan:
Untuk memberikan pendidikan dalam bidanag kedirgantaraan bagi anggota Gerakan Pramuka melalui kegiatan nyata, produktif dan berguna, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk masyarakat, bangsa dan negara.

Sasaran:

  1. Memiliki pengalaman, pengetahuan, ketrampilan dan kecakapan dalam bidang kedirgantaraan. 
  2. Memiliki rasa cinta dirgantara. 
  3. Memiliki sikap dan cara berfikir yang berdaya guna dan berhasil guna dengan menggunakan matra dirgantara sebagai ruang gerak. 
  4. Memiliki disiplin dan tanggung jawab terhadap dirgangantara nasional. 
  5. Memiliki kemampuan-kemampuan dalam menyelenggarakan proyek-proyek dalam bidang kedirgantaraan secara positip sesuai dengan dengan minat, bakat, kemampuan dan situasi dan kondisi setempat. 
  6. Memiliki kemampuan menyebarluaskan pengetahuan, pengalaman, kecakapan dan ketrampilannya, yang diperoleh dari kegiatan Saka Pramuka Dirgantara kepada anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat. 

Krida Saka Dirgantara:

  1. Krida Keselamatan Penerbangan 
  2. Krida Pesawat Model 
  3. Krida Terjun Payung 
  4. Krida Terbang Layang 
  5. Krida Pesawat Ringan



SAKA KENCANA (Keluarga Berencana)


Satuan Karya Pramuka Kencana adalah Saka di bidang bidang Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera dan Pengembangan Kependudukan.

Tujuan:
Tujuan dibentuknya Saka Kencana adalah untuk membina anggota Gerakan Pramuka agar dapat menjadi tenaga kader pembangunan dalam bidang Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera dan Pengembangan Kependudukan guna memantapkan pelembagaan NKKBS sebagai cara yang layak dan bertanggungjawab dari seluruh keluarga dan masyakarat Indonesia.

Sasaran:
Sasaran dibentuknya Saka Kencana adalah agar para anggota Gerakan Pramuka yang telah mengikuti kegiatan Saka tersebut:

  1. Memiliki pengetahuan, pengertian, keterampilan dan pengalaman dalam memasyarakatkan NKKBS terhadap anggota Pramuka dan keluarga Indonesia. 
  2. Mampu dan mau menyebarluaskan kepada masyarakat tentang informasi dan pengetahuan tentang Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera dan Pengembangan Kependudukan serta kaitannya dengan pembangunan sektor lain. 
  3. Mampu memberikan latihan dan peranserta dalam mendukung kegiatan Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera dan Pengembangan Kependudukan kepada para Pramuka di Gugusdepannya. 
  4. Memiliki sikap yang rasional serta bertanggungjawab dalam mewujudkan kesadaran dan kepedulian keluarga sebagai pemrakarsa dan pelaksana pembangunan bangsa. 
  5. Menumbuh-kembangkan minat terhadap Saka Kencana di setiap Gugusdepan dan pembentukan Saka Kencana di setiap ranting di seluruh wilayah Republik Indonesia yang semakin maju dan mandiri. 

Krida Saka Kencana

  1. Krida Bina Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBdanKR). 
  2. Krida Bina Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga(KSdanPK). 
  3. Krida Bina Advokasi dan Komunikasi Informasi Edukasi (Advokasi dan KIE). 
  4. Krida Bina Peran Serta Masyarakat (PSM).



SAKA TARUNA BUMI


Satuan Karya Pramuka Taruna Bumi adalah saka di bidang pembangunan Pertanian.
Yang dimaksud dengan Tarunabumi adalah pemuda yang berminat dan aktif melaksanakan kegiatan di bidang pertanian pada umumnya, termasuk bidang perkebunan, perikanan, peternakan, tanaman pangan.tanaman keras dan hortikultura.
Saka Tarunabumi adalah salah satu jenis satuan karya Pramuka tempat meningkatkan dan mengembangkan kepemimpinan, pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan para anggotanya, sehingga mereka dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan nyata, produktif serta bermanfaat dalam mendukung kagiatan pembangunan pertanian.

Tujuan:
Tujuan pembentukan Saka Tarunabumi adalah untuk mewujudkan kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional di bidang pertanian dengan menyediakan wadah pendidikan luar sekolah dibidang pertanian kepada anggota Gerakan Pramuka terutama Pramuka Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega serta kepada pemuda calon anggota pramuka dan para peminat yang memenuhi persyaratan.

Sasaran:
Sasaran kegiatan Saka Tarunabumi agar para anggota Saka Tarunabumi :

  1. Memiliki rasa cinta akan alam pertanian dan rasa tanggungjawab akan kelangsungan jalannya pembangunan Nasional. 
  2. Memiliki tambahan pengetahuan, pengalaman,kecakapan dan keterampilan di bidang pembangunan pertanian serta sikap yang tanggap akan perubahan-perubahan yang selalu terjadi dalam proses kegiatan pembangunan pertanian. 
  3. Mampu menyelenggarakan kegiatan kegiatan Saka Tarunabumi secara positif, berdayaguna dan berhasilguna,sesuai dengan bakat dan minatnya di bidang pertanian, sehingga berguna bagi pribadinya,keluarganya, masyarakat, bangsa dan negara. 
  4. Mampu menyebar luaskan pengetahuan, pengalaman, kecakapan, dan ketrampilannya, yang didapat dalam kegiatan Saka Kepada anggota Gerakan Pramuka di Gugusdepan masing-masing serta kepada pemuda lainnya yang berada di sekitar tempat tinggalnya. 


Saka Tarunabumi terdiri dari 5 krida yaitu :

  1. Krida Tanaman Pangan. 
  2. Krida Perikanan 
  3. Krida Peternakan 
  4. Krida Perkebunan 
  5. Krida Hortikultura



SAKA WANABAKTI


Satuan Karya Pramuka Wanabakti adalah saka di bidang pelestarian sumber daya alam, kehutanan, dan lingkungan hidup.

Tujuan:
untuk memberi wadah pendidikan di bidang Kehutanan kepada anggota Gerakan Pramuka terutama para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, agar mereka dapat membantu, membina dan mengembangkan kegiatan pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup, melaksanakan secara nyata, produktif dan berguna bagi Pramuka Penegak dan Pandega sebagai baktinya terhadap pembangunan masyarakat, bangsa dan negara

Sasaran:
Sasaran kegiatan Saka Wanabakti adalah agar para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega:

  1. Memiliki rasa cinta dan tanggungjawab terhadap hutan dengan segala isi dan kekayaan yang terkandung di dalamnya, serta kesadaran untuk memelihara dan melestarikanya. 
  2. Memiliki tambahan pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan dibidang kehutanan yang dapat mengembangkan pribadinya. 
  3. Memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk menghadapi segala tantangan hidup dalam hutan dengan tetap memperhatikan keamanan dan kelestarian hutan. 
  4. Memiliki disiplin dan tanggungjawab yang lebih mantap untuk memelihara kelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup. 
  5. Mampu menyelenggarakan kegiatan-kegiatanSaka Wanabkti secara positif, berdayaguna dan tepat guna, sesuai dengan bakat dan minatnya sehingga berguna bagi pribadinya, masyarakat, bangsa dan Negara. 
  6. Mampu menyebarluaskan pengetahuan, keterampilan dan kecakapannya kepada Pramuka Siaga dan Pramuka Penggalang serta anggota lainnya.

Saka Wanabakti terdiri dari 4 Krida, Yaitu:

  1. Krida Tata Wana 
  2. Krida Reksa Wana 
  3. Krida Bina Wana 
  4. Krida Guna Wana


SAKA WIRA KARTIKA


Satuan Karya Pramuka Wira Kartika adalah Saka di bidang Kewilayahan dan Bela Negara.


Selain Saka-saka yang telah berlaku secara nasional tersebut juga terdapat beberapa Satuan Karya Pramuka yang berlaku secara lokal di Kwartir daerah atau Kwartir Cabang tertentu saja.

Dan Tidak menutup kemungkinan ke depannya Saka-saka tersebut pun bisa berlaku secara nasional jika telah memenuhi persyaratan yang ditentukan. Logo dari beberapa Saka yang masih bersifat lokal tersebut adalah:

SAKA BINA SOSIAL


Satuan Karya Pramuka Bina Sosial (Kwarda Jawa Tengah) adalah saka di bidang Kesejahteraan Sosial.

SAKA PANDU WISATA


Satuan Karya Pramuka Pandu Wisata (Kwarda Jawa Tengah) adalah saka di bidang Kepariwisataan. 

SAKA PUSTAKA


Satuan Karya Pramuka Pustaka (Kwarda Jawa Tengah) di bidang Kepustakaan.

SAKA TELEMATIKA


Satuan Karya Pramuka Telematika (Kwarda Jawa Barat) di bidang Teknologi dan Informasi.

Itulah beberapa Satuan Karya Pramuka yang ada di Indonesia baik Saka yang bersifat nasional (melalui penetapan Kwarnas Gerakan Pramuka) atau pun Saka yang masih bersifat lokal. dan tentunya masih terdapat beberapa Satuan Karya Pramuka lokal yang belum saya sertakan di artikel ini.

Semoga Bermanfaat Bagi Kakak-Kakak Semua :'D
Sekian dan Terimakasih...

Kurang dan Lebihnya mohon dimaafkan

Salam Pramuka! ( ^o^)7

Wassalam...

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
5 Komentar untuk "Pengertian Saka dan Macam-Macam Saka Dalam Pramuka"

Bangus sekali kak
Jangan lupa mampir di blog aku ya kak
Pramukamuda2.blogspot.com

Bagus banget lengkap bermanfaat pisan...

Bagus by muhammad fajri abdillah

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top