Pramuka Solid

Tempat Berbagi Ilmu Pramuka
Jangan Lupa Di Bookmark ya Kak!
Dan Salam Pramuka! (^o^)7

Cara Mudah Menghafal Braille

PramukaSolid – Seperti yang kita ketahui penglihatan adalah anugrah Tuhan yang paling di butuhkan dalam hidup, karena jika kita tidak bisa melihat apalah daya jika kita Harus Terbatas dalam hal Apapun, Baik makan (susah), Mandi (Susah),  Apapun yang dilakukan pasti sangat sulit karena tidak bisa melihat.

   Bersyukurlah kita yang saat ini masih diberi penglihatan yang baik sampai saat ini, dan semoga akan terus begitu hingga maut menjemput, Amin.
Cara Mudah Menghafal Braille
Cara Mudah Menghafal Braille
   Pernahkah kalian berfikir “Bisakah Orang Buta Membaca?” kalau kalian berfikir tidak bisa kalian salah, Sekarang Mulailah berfikir bahwa “Tidak Ada Yang Tidak Mungkin” bahkan orang Buta sekalipun bisa membaca.

   Membaca dengan apa? Hehehe disinilah peran Huruf Braille untuk membantu orang buta bisa membaca, seperti apakah huruf braille itu, sampai orang buta pun bisa membacanya.

   Huruf/Sandi Braille adalah Huruf yang Timbul yang terdiri dari 1 sel dan 6 titik di dalamnya dan itu timbul dan tiap-tiap huruf berbeda letak titiknya.

Cara Mudah Menghafal Braille
Bentuk Huruf Braille

   Karenanya itu kita harus berterima kasih pada pencipta Huruf Braille ini yaitu “Louis Braille”, Yaitu orang buta juga X). Hebat kan karena Kebutaannya tersebut Dia berusaha untuk mengubah kekurangannya tersebut untuk bisa bangkit dan membuat penemuan baru yang sangat berguna dan bisa kita gunakan sampai saat ini.

Ngomong-ngomong seperti apakah Huruf Braille itu? Berikut tampilannya:

Cara Mudah Menghafal Braille
Huruf Alfabet Braille

   Bagaimana menurut Kalian Huruf Braille tersebut, pasti anda mulai berfikir kalau membaca atau menghafal huruf braille itu susah kan? Tenang gan, kali ini saya mau ajari bagaimana cara Mudah Menghafal Huruf Braille.

   Sekarang mulailah berfikir bahwa “Tak selamanya Hal yang Sulit harus dikerjakan dengan Sulit” pasti ada cara mudahnya kalau kita mau berusaha mencarinya, Betul tidak XD.

Baiklah setelah basa-basinya selesai kita mulai belajar menghafal huruf Braille nya.

-Seperti yang kalian lihat pada gambar huru Braille di atas, saya meletakkan Huruf “W” dibagian paling Bawah, dan semua huruf-nya saya urutkan menjadi 5 baris dan 5 kolom, itu semua adalah kunci Cara mudah menghafal Huruf Braille.

-Kuncinya terletak pada baris pertama dan kedua yaitu pada baris pertama itu membentuk seperti orang yang sedang Rukuk dan ditambah garis berbentuk \ , dan baris kedua membentuk susan huruf yaitu “r-o-l-i-j”, tapi ingat pada baris pertama dan baris kedua “TIDAK ADA” titik yang ada pada bagian bawahnya, nah itulah kunci menghafal sandi Braille tersebut.

-Untuk cara menghapalnya kalian bisa membuat formasi seperti berikut:
1-3
2-4
3-5
-Untuk baris ketiga itu mengambil patokan pada baris satu, yaitu berbentuk orang yang rukuk dan di tambah \ , tapi pada baris ketiga kita menambahkan 1 titik pada bagian bawah kirinya. seperti gambar di bawah ini:

Cara Mudah Menghafal Braille
Baris Pertama Huruf Braille

-Dan Untuk baris keempat itu mengambil patokan pada baris 2, yaitu membentuk susunan huruf yaitu
“R-O-L-I-J”
juga sama dengan baris ketiga kita menambahkan 1 titik pada bagian bawah kirinya. seperti gambar di bawah ini:

Cara Mudah Menghafal Braille
Baris Kedua Huruf Braille

-Dan untuk baris kelima kita mengambil patokan pada baris ketiga, namun pada baris kelima kita menambahkan titik lagi di bagian kanan bawahnya, jadi di baris ke lima semua hurufnya terdapat 2 titik di bagian bawahnya.

-Dan untuk yang bagian terakhir yaitu huruf W kenapa di pisah pada baris ke lima, karena tidak punya 2 titik di bawahnya XD, juga Huruf W adalah lawan dari Huruf R.
-Selesai.

Mudahkan? Kalo masih kurang mengerti. Mungkin bisa di baca ulang gan :v

   Mungkin Cukup gitu dulu ya gan Arikel Gua Tentang “Cara [MUDAH] Menghafal Sandi/Huruf Braille (Huruf Orang Buta)” Semoga Membantu dan Bermanfaat buat kita semua.

   O iya kalo ada yang mau nambahin/ngoreksi silahkan komen di bawah ya Kak... Masukan Kakak itu pasti sangat ngebantu Teman-teman lainnya :V

Salam Admin Pramuka Solid,
Budi Santoso

Kurang dan Lebihnya mohon dimaafkan
Sekian dan Terima Kasih
Salam Pramuka!
Wassalam! ( ^o^) 7
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Cara Mudah Menghafal Braille"

Sangat membantu sekali, walaupun belum dpt dipahami dg 1 x mencoba
Terima kasih ilmunya ...

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top